Posted by: sinyoegie | February 17, 2014

Resensi Buku Generasi Penipu – By Nur Baidha

1622421_729788850386009_883508733_o

Alhamdulillah, hadiah buku dari mas Sinyo Egie sudah sampai hari Minggu tanggal 16 Februari 2014. Aslinya sudah sampai hari Sabtu, tapi baru bisa ambil paketan hari Minggu karena hujan. Mas Sinyo terima kasih atas hadiah buku Generasi Penipu dan Aku Pernah Durhaka.

Sekarang tinggal menunaikan tugas meresensi buku. Mas Sinyo, berhubung belum jago buat resensi, aku coba review salahsatu buku hadiahnya ya.

DILEMA BERINTERNET, MENCETAK PRODUK “GENERASI PENIPU”

Judul buku : Generasi Penipu
Penulis : Sinyo
Tahun Terbit : 2014
Penerbit : Qibla
Tebal Buku : 70 Halaman

Buku ini bergenre nonfiksi dan sangat ilmiah. Walau terlihat tipis, aslinya buku ini banyak membeberkan tentang apa itu internet, sejarah internet, definisi dan ciri-ciri pornografi, penipuan dalam mengakses internet, perilaku anak dalam mengakses internet, pengaruh internet pada anak, dan sebagainya. Jujur, aku takjub sama penulis, hanya dengan ketebalan buku 70 Halaman, ia mampu menulis semua dengan singkat dan padat. Terutama di Bab 4 : Mencegah Lewat Pendampingan, penulis dengan apik memberikan tips bagi orangtua mendidik anak dalam mengakses internet. Bayangkan saja, tips itu dimulai dari koneksi internet, berita/news, situs jejaring sosial, game online, email, internet forum, blog, online chat, E-Commerce dan kerja sama dengan warnet. Wow!

Tidak hanya isinya yang padat. Penyampaiannya yang Islami, diselingi ayat Al-Quran dan hadist membuat buku ini penuh makna. Ada terselip dakwah manis yang membuat pembaca sepertiku berpikir untuk melek teknologi, tidak tertipu oleh akal bulus anak di saat berinternet. Mungkin saat ini, anak-anakku masih dalam tahap yang baik. Kebetulan juga akses internet di rumahku sangat lemah sehingga pengaruh games online, jejaring sosial hampir tak ada. tapi tidak menutup kemungkin 5 tahun lagi mereka mulai tergoda dengan internet dan melakukan segala cara untuk dapat mengakses internet.

Aku teringat, 2 kejadian besar di daerahku. Seorang remaja putri ditemukan terbunuh. Warga menemukan mayatnya dalam karung yang diduga dibuang oleh tersangka di bawah jembatan. Setelah diusut, diperkirakan tersangka adalah teman dekat korban di Facebook. Berawal dari Facebook hingga berlanjut dengan telepon-teleponan. Polisi sampai bekerjasama dengan satu provider untuk melacak keberadaan tersangka.

Kejadian lainnya dialami oleh anak sahabatku. Kebetulan sahabatku menikah dengan seorang ustad. Kesibukannya berdakwah dan tidak melek teknologi membuat anaknya lebih betah di warnet atau tempat hotspotan daripada di rumah sendiri. Awalnya si Ustad memberi solusi dengan menyediakan modem. Tapi karena lemahnya pengawasan dan orangtua yang gaptek, penipuan si anak dilakukan di depan mata. Satu tahun berlangsung, hingga suatu hari orangtua menyadari dan anak dipukul habis-habisan.

Sungguh, kita orangtua harus sangat berhati-hati. Disatu sisi, kebutuhan akan akses internet semakin primer. Hampir segala bidang mengandalkan jaringan internet. Sedangkan di lain sisi, membawa efek buruk bagi pengguna khususnya di kalangan anak-anak. Bila anak sudah terbiasa mengakses internet dengan menipu-di usia kecil, bagaimana bila kelak ia dewasa.

Di buku generasi penipu juga dibeberkan beberapa contoh pelaku penipuan di dunia maya. Menariknya, penulis merupakan salahsatu korban dari penipuan tersebut. Penasaran mas Sinyo ditipu apa? Beli bukunya… hehehehe….

Walau demikian, terlepas dari isi yang menarik, jujur… aku masih kesulitan untuk mencerna beberapa kalimat dalam buku. Mungkin karena bahasanya yang terlalu berat olehku. Banyak istilah yang aku tidak mengerti. Wajar sih, mungkin aku-nya yang gaptek dan tidak melek teknologi. Aku berharap bila buku ini dicetak ulang, tersedia footnote atau glosarium. Tidak semua orangtua itu melek teknologi hingga dapat mengerti semua istilah kan.

Nur Baidha
Sumber: https://www.facebook.com/groups/PenulisBacaanAnak/827229343970647/?notif_t=group_comment


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: