Posted by: sinyoegie | February 23, 2014

Motivasi Buat Kawan FPBA – Perjelas Hubungan Anda

Kawan, kadang kita ‘menunggu’ jawaban naskah dari penerbit dengan harap-harap cemas, bahkan sampai stress tingkat dewa. Hal ini menyebabkan produktivitas menulis kita menurun jauh. Iya kalau cuma menunggu 2 atau 3 bulan, bahkan kadang tidak ada jawaban sama sekali dari penerbit. Sedih rasanya tulisan kita tidak ‘laku’. 

Tidak hanya penulis pemula, penulis senior juga kadang masih mengalami, apalagi saat ide-ide semakin terasa ‘sempit’ dan persaingan menjadi ketat. Panik jelas melanda walau tingkat stress-nya tidak terlalu besar seperti penulis pemula. Jadi, masih wajarlah kita H2C.

Tingkat stress pada penulis pemula sebenarnya dapat dikurangi jika prosedur mengirim naskah diikuti dengan baik, hanya saja karena malu-malu, maka sering tidak dilakukan.

Salah satu contoh dialami oleh teman Mbak Linda Satibi, bayangkan 8 bulan tidak ada kabar berita tentang naskahnya di suatu penerbit. Mbak Linda tahu Nyo kenal dengan salah satu editor di penerbit tersebut, maka cap-cus untuk menanyakan naskah temannya.

Nyo ikut penasaran, karena setahu saya semua naskah dijawab, baik diterima atau tidak (saya juga pernah ditolak wkekekek). Setelah saya tanyakan kepada editor di penerbitan itu, tahukah kawan apa jawabannya?
Mereka belum pernah menerima naskah tersebut. Nah lo…. 

Sang editor meminta naskah dikirim ulang, sepekan kemudian naskah teman Mbak Linda di-acc untuk terbit  (ingat ya sepekan hihihihi).

Nah, kalau naskah teman-teman selama 3 bulan belum dijawab juga, tidak usah malu untuk menanyakan. Daripada stress tidak karuan, muncul hal-hal aneh dan hilang semangat menulis, maka tanyalah untuk kejelasan. Siapa tahu file kita masuk folder SPAM atau BULK, bisa juga tidak sampai karena Internet sedang error.

Perjelas status hubungan Anda, sebelum stress melanda!! 

Nyo, Kota Magelang, 23 Februari 2014


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: