Posted by: sinyoegie | March 17, 2014

Resensi Buku Anak: Seri Aktivitas Teka-teki Karya Nelfi Syafrina

Resensi Buku Anak

teka-teki-2

Seri Aktivitas Teka-Teki
Penulis: Nelfi Syafrina
Hal : 24
Penerbit: Tiga Ananda dari Penerbit Tiga Serangkai
Harga: 25 ribu
Seri: 6  (Teka teki Umar bin Khattab, Abu Dzar al Ghifari, Abdurrahman bin Auf, Saad bin Abi Waqqash, Shalahuddin Alayubi, dan Bilal bin Rabah)

Teka-teki, selalu disukai manusia, bahan saat kita kecil suka dengan aktivitas teka-teki. Mulai dari permainan ciluba, tebak-tebakan, mencari jejak, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan judi, teka-teki selalu disertai dengan kata, kalimat, simbol, atau tanda kunci untuk memecahkan teka-teki. Bukan asal tebak tanpa berpikir atau menggunakan nalar. Hal menarik inilah yang ingin dibidik oleh Nelfi dalam buku Seri Aktivitas Teka-teki (Nelfi Syafrina adalah peraih penghargaan IBF Award tahun 2014 untuk buku anak-anak Islam, bersama Sri Widiyastuti).

Nyo menguji buku ini kepada kedua buah hati, Ahza (Maret 2014 berumur 7 tahun) dan Kayyisa (Mei 2014 berumur 4 tahun). Sekitar 15 menit Ahza sudah selesai membaca dua buah buku, katanya ‘bagus’. Nyo maklum, dia sudah cukup mahir mambaca. Teka-teki dipecahkan dengan sangat mudah.

Kayyisa harus dibacakan karena belum bisa membaca, tetapi tangan dan mulutnya sudah bisa menebak apa yang akan ditanyakan. Mulai dari mencari jejak, mencari perbedaan gambar, menghitung, menjodohkan, hingga mencari barang/orang. Dia berkali-kali meminta dibacakan buku ini hingga kurang lebih satu pekan lamanya untuk satu buku.

Kekurangan? Hanya satu, teka-teki kurang bervariasi, masih ada pengulangan. Seharusnya penulis bisa menambah jenis teka-teki seperti ular tangga misalnya. Si tokoh bisa saja terjatuh, jika gagal melewati rintangan. Bisa juga bagian buku dilipat untuk menemukan kuncinya.

Saran kedepan, ikuti tren buku picbook tebal. Bayangkan kalau semua cerita itu dijadikan satu, pasti akan menjadi salah satu cerita favorit anak-anak Indonesia (y) . Bisa bertahan minimal sebulan untuk diceritakan kepada anak balita.

teka-teki-1

Nyo, dibantu Ahza dan Kayyisa. Magelang, 17 Maret 2014


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: