Posted by: sinyoegie | March 24, 2014

Resensi Buku Anak – Jangan Panik!

ahza-01

Duo Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan memang fenomena tersendiri dalam dunia bacaan anak. Buku-buku baru terus bergulir dengan isi, kemasan, dan ilustrasi yang ‘wah’. Salah satu contohnya buku Jangan Panik!

Isi buku ini cocok untuk anak-anak middle grade, tetapi jangan khawatir, para balita dan pembaca pemula terbantu oleh taburan ilustrasi yang keren.

Dua puluh kisah menarik ditulis untuk mengenalkan anak-anak tentang pentingnya ketenangan saat situasi darurat. Mulai dari bahaya bermain api, ancaman cairan perut serangga, hingga saat ada kayu tajam memasuki kulit kita (sesetan kata orang Jawa).

Ilustrasi dibuat oleh para ilustrator jempolan, menambah ketertarikan pembaca sehingga tidak cepat bosan. Pada setiap akhir cerita, penulis memberi ringkasan berupa tips dan trik menghadapi situasi darurat, hal ini sangat cocok buat anak-anak.

Selain kisah, tips dan trik, dan ilustrasi. Buku ini juga menyajikan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Sehingga keluarga yang terbiasa menggunakan bahasa ini akan sangat terbantu.

Buku setebal 172 halaman ini seharusnya diberi tali pembatas, agar anak-anak mudah menandai sampai di mana cerita yang dibaca. Saat saya uji kepada Ahza, dia bingung harus memulai dari mana karena terlalu tebal. Ketika Nyo meminta dia bercerita ulang, dia kesusahan mencari nama tokoh karena tidak adanya tali pembatas.

Nah, bagi Anda yang berminat siapkan tabungan, karena buku bagus ini juga membutuhkan kedalaman saku kita🙂

Judul Buku: Jangan Panik! (Bilingual)
Penulis: Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Ilustrasi: Margaretta Devi Pebriani, Winda Yunnal (winda yunnal), Sai Jioe Bun, Orange Nira (ning rahayu), Awa Erlangga, Suesan Ang, I Made Dwi S, Leoren, Fransisca
Terbit: 2014
Halaman:172
Nyo dibantu Ahza dan Kayyisa, Kota Magelang, 24 Maret 2014


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: