Posted by: sinyoegie | June 19, 2014

Resensi Buku Anak – Cerita untuk Indawa – Buku ke 14

image1-640x499

 

Judul: Cerita untuk Indawa
Penerbit: Rabbit Hole
Penulis: Ino
Harga: Free

Papua? Ah rasanya asing bagi kita, ya masyarakat awam termasuk saya hanya tahu kebanyakan warga Papua berkulit hitam, rambut keriwil, banyak suku, dan tentu saja eksplorasi bumi oleh Freeport. Selebihnya jarang ada berita atau tayangan mengenai Papua, juga pulau lainnya.

Cerita intuk Indawa memberi masukan berharga bagi orang tua, juga anak-anak, untuk mengetahui lebih dalam pulau yang dulu pernah bernama Irian Jaya. Winant Marcelino (Ino), seorang guru, mengajak pembaca untuk mengenal salah satu keelokan Indawa, Kabupaten Lanny Jaya, Propinsi Papua.

Bukan hanya elok alamnya yang dingin, warga Indawa juga memberikan wawasan kepada Ino tentang kemolekan jiwa manusia dalam kebersamaan, walau kadang hanya sederhana. Buku ke 14 dari Cerita untuk Indawa, menceritakan keunikan siswa-siswa yang diajar Ino. Masing-masing mempunyai karakter spesial dan menarik, seperti Pitro yang aktif dan agak bandel, namun mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat.

Ditulis dengan sederhana tetapi justru itu kekuatannya agar menyatu dengan isi yang dikisahkan. Menjadi sempurna jika saja Ino mau memberi ruang siswa-siswa unik tersebut menuliskan kesan dan kesan tentang gurunya. Sehingga pembaca semakin paham karakter anak-anak Indawa lebih jauh.

Oke, buki ini sangat bagus untuk didongengkan kepada anak-anak menjelang tidur, bahwa di luar sana bukan hanya anak daerah Jawa, Sumatra,  Kalimantan, dan Sulawesi. Masih banyak anak-anak Indonesia yang unik, termasuk mereka yang berada di Indawa, papua🙂

Nyo, Kota Magelang, 19 Juni 2014


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: